Cara Kerja Kecerdasan Tiruan Oleh Ristian Mahendra
Prinsip Kecerdasan Tiruan
Kecerdasan buatan didasarkan pada prinsip bahwa
kecerdasan manusia dapat didefinisikan sedemikian rupa sehingga mesin dapat
dengan mudah menirunya dan menjalankan tugas, dari yang paling sederhana hingga
yang lebih kompleks.
Tujuan kecerdasan buatan meliputi pembelajaran,
penalaran, dan persepsi.
Karakteristik ideal AI adalah kemampuannya untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu.
Kategori Kecerdasan Tiruan
AI memiliki 2 kategori yaitu lemah atau kuat.
- AI lemah (weak AI) yang juga dikenal sebagai AI sempit adalah sistem AI yang dirancang dan dilatih untuk tugas tertentu. Asisten pribadi virtual, seperti Apple Siri, adalah bentuk AI yang lemah.
- AI kuat (strong AI), juga dikenal sebagai kecerdasan buatan umum adalah sistem AI dengan kemampuan kognitif manusia secara umum. Ketika disajikan dengan tugas khusus, sistem AI kuat dapat menemukan solusi tanpa campur tangan manusia.
Jenis Kecerdasan Tiruan
Arend Hintze, asisten profesor biologi integratif dan
ilmu komputer dan teknik di Michigan State University, mengkategorikan AI
menjadi 4 jenis, dari jenis sistem AI yang ada saat ini hingga sistem yang
hidup, yang belum ada. Kategorinya adalah sebagai berikut.
Tipe 1: Mesin reaktif. Contohnya, Deep Blue, program catur IBM yang
mengalahkan Garry Kasparov pada 1990-an. Deep Blue dapat mengidentifikasi
bagian-bagian di papan catur dan membuat prediksi, tetapi ia tidak memiliki
ingatan dan tidak dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk memberi tahu
langkah berikutnya. Ini menganalisis kemungkinan langkah lawan dan dirinya
sendiri serta memilih langkah paling strategis. Deep Blue dan GoogleGOGO
dirancang untuk tujuan yang sempit dan tidak dapat dengan mudah diterapkan pada
situasi lain.
Tipe 2: Memori terbatas. Sistem AI ini dapat menggunakan pengalaman masa lalu
untuk menginformasikan keputusan masa depan. Beberapa fungsi pengambilan
keputusan dalam mobil self-driving dirancang dengan cara ini. Pengamatan
menginformasikan tindakan yang terjadi di masa depan yang tidak terlalu jauh,
seperti jalur penggantian mobil. Pengamatan ini tidak disimpan secara permanen.
Tipe 3: Teori pikiran. Istilah psikologi ini mengacu pada pengertian bahwa
orang lain memiliki keyakinan, keinginan sendiri dan niat yang memengaruhi
keputusan yang mereka buat. AI jenis ini belum ada sampai saat ini.
Tipe 4: Kesadaran diri. Dalam kategori ini, sistem AI memiliki rasa diri,
memiliki kesadaran. Mesin dengan kesadaran diri memahami keadaan mereka saat
ini dan dapat menggunakan informasi untuk menyimpulkan apa yang orang lain
rasakan. AI jenis ini belum ada sampai saat ini.
Contoh Implementasi
- Otomasi: Sistem atau proses yang berfungsi secara otomatis. Misalnya, otomatisasi proses robotik (RPA) dapat diprogram untuk melakukan tugas bervolume tinggi dan berulang yang biasanya dilakukan manusia. RPA berbeda dari otomatisasi TI karena dapat beradaptasi dengan keadaan yang berubah.
- Pembelajaran mesin: Ilmu membuat komputer bertindak tanpa pemrograman.
- Visi mesin: Ilmu yang memungkinkan komputer untuk melihat. Teknologi ini menangkap dan menganalisis informasi visual menggunakan konversi analog-ke-digital kamera dan pemrosesan sinyal digital. Ini sering dibandingkan dengan penglihatan manusia, tetapi penglihatan mesin tidak terikat oleh biologi dan dapat diprogram untuk melihat melalui dinding. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi dari identifikasi tanda tangan hingga analisis citra medis. Visi komputer, yang difokuskan pada pemrosesan gambar berbasis mesin, sering dikaitkan dengan visi mesin.
- Pemrosesan bahasa alami (NLP): Pemrosesan bahasa manusia oleh program komputer. Salah satu yang lebih tua dan paling dikenal contoh NLP adalah deteksi spam, yang melihat baris subjek dan teks email dan memutuskan apakah itu termasuk sampah. Pendekatan saat ini untuk NLP didasarkan pada pembelajaran mesin. Tugas NLP termasuk terjemahan teks, analisis sentimen dan pengenalan suara.
- Robotika: Bidang teknik yang berfokus pada desain dan pembuatan robot. Robot sering digunakan untuk melakukan tugas yang sulit bagi manusia untuk melakukan atau melakukan secara konsisten. Mereka digunakan dalam jalur perakitan untuk produksi mobil atau oleh NASA untuk memindahkan benda besar di luar angkasa. Para peneliti juga menggunakan pembelajaran mesin untuk membangun robot yang dapat berinteraksi dalam lingkungan sosial.
- Mobil dengan pengemudi otomatis: Ini menggunakan kombinasi visi komputer, pengenalan gambar dan pembelajaran mendalam untuk membangun keterampilan otomatis dalam mengemudikan kendaraan sambil tetap berada di jalur tertentu dan menghindari penghalang yang tidak terduga, seperti pejalan kaki.
Soal dan Jawaban
- pembelajaran
- penalaran
- persepsi.
- Tipe 1 : Mesi reaktif
- Tipe 2 : Memori terbatas
- Tipe 3 : Teori pikiran
- Tipe 4 : Kesadaran Diri
Comments
Post a Comment